Siklus Menstruasi yang Normal Setelah Melahirkan dengan Operasi Caesar

DA Info Penanya: DA, Wanita, 25 Tahun
Halo dok, saya baru saja melahirkan anak dengan operasi caesar, sekarang anak saya sudah berusia enam bulan. Saat nifas, darah hanya keluar selama 10 hari saja. Tiga bulan setelah melahirkan saya belum menstruasi. Empat bulan setelah saya melahirkan, barulah saya mengalami menstruasi saya. Pada menstruasi pertama tersebut darah yang keluar sangat banyak dan berlangsung dari sembilan sampai 13 hari. Apakah hal tersebut masih normal? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu DA,

Periode menstruasi setelah melahirkan untuk setiap wanita adalah bervariasi, dan siklus menstruasi akan mulai normal kembali setelah 12 bulan masa nifas, bahkan ada yang sampai 24 bulan. Untuk wanita yang memberikan ASI secara eksklusif maka, siklus menstruasi  akan lebih lama menuju kearah teratur. Sedangkan wanita yang tidak memberikan ASI eksklusif dan yang tidak menyusui, siklus menstruasi umumnya akan normal setelah tiga bulan masa nifas.

Jadi hal yang Ibu alami saat ini masih tergolong normal, selama belum ada kehamilan lagi.

Pada zaman dulu, pemberian ASI eksklusif dipercaya dapat menjadi Kontrasepsi alamiah, karena pemberian ASI dipercaya dapat menekan hormon reproduksi yang menyebabkan terhambatnya ovulasi pada wanita. Namun hal ini terbukti tidak benar, sehingga bila Ibu belum berencana untuk hamil lagi, maka sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi yang sesuai saat ini.

Bila Ibu merasa perlu untuk konsultasi lebih lanjut, kami sarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (SpOG) terdekat.

Selamat menikmati waktu berharga dan pengalaman baru sebagai “ mama”.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kaki bengkak setelah melahirkan dapat diatasi dengan berbagai cara

Atasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan dengan Langkah-langkah Ini

Saat hamil, beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan, terutama pada kaki. Kondisi pembengkakan ini bahkan bisa kembali muncul setelah Anda melahirkan. Bagaimana cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan?