Siklus menstruasi tidak teratur

RD Info Penanya: RD, Wanita, 23 Tahun
Dok siklus menstruasi saya 29, 34, 29, 42, 39. Terakhir saya dapat menstruasi tgl 19 Mei dan sampai sekarang bulan juli saya belum mens lagi. Selain itu selama 2 bulan ini saya selalu mengalami keputihan bertekstur cair setiap hari. Apakah itu masih normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah hal yang tidak normal meskipun beberapa masih dalam rentang normal antara 21-35 hari sekali, tetapi jika jarak siklus dari satu bulan ke bulan lainnya terlalu jauh bisa merupakan hal yang tidak normal. Nantinya akan kesulitan untuk menentukan kapan masa subur.

Penyebab gangguan siklus haid

Penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur sendiri diantaranya adalah:

  • Kelelahan
  • Aktivitas fisik berat
  • Stres
  • Masalah berat badan
  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Masalah organ reproduksi
  • Adanya tumor jinak atau miom
  • Sindrom ovari polikistik atau PCOS

Untuk itu apabila sering kali mengalami siklus yang tidak teratur dan mengalamai keterlambatan haid, ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan USG ataupun pemeriksan lab darah hormonal untuk mencari tahu apa penyebab pastinya.

Untuk membantu melancarkan siklus menstruasi bisa dilakukan beberapa cara seperti diantaranya adalah dengan menjaga aktivitas harian, mengelola stres, olahraga teratur, tidur dengan cukup, dan juga bisa mencoba mengonsumsi beberapa bahan alami yang dipercaya mampu melancarkan haid seperti kunyit, jahe, cuka apel, kayu manis ataupun nanas. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rempah hingga buah, ini jenis makanan yang melancarkan haid

9 Makanan yang Melancarkan Haid Secara Alami

Makanan yang melancarkan haid antara lain pepaya, nanas, jahe, kayu manis, dan kunyit. Selain dengan makanan, lengkapi usaha Anda dengan berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan.