09 Sep 2021, 12:28Perut

Penyebab haid tidak teratur setiap bulan, apakah gangguan hormonal ?

AN
Info Penanya: AN0
Dok bulan ini september saya haid di tanggal 9, bulan lalu di bulan agustus saya haid di tanggal 14. Tapi bulan2 lalu saya biasa haid di tanggal 20-25an. Apa itu normal?
108 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Haid yang datang tidak teratur membuat wanita sulit menentukan kapan perkiraan haid selanjutnya dan kapan masa subur berlangsung. Haid tidak teratur dapat dialami wanita yang sudah menikah, merencanakan kehamilan dan dapat pula terjadi pada remaja.

Penyebab haid tidak teratur setiap bulan 

Keluhan Anda haid tidak teratur setiap bulan dimana bulan September Anda haid di tangal 9, bulan Agustus Anda haid di tanggal 14, dan bulan-bulan lalu, Anda haid di tanggal 20 hingga 25, jika dihitung siklus haid Anda dari Agustus ke September yaitu 26 hari.Jika Saya ambil kesimpulan haid Anda di bulan Juli tanggal 20, siklus haid Anda bulan Juli ke Agustus yaitu 25 hari. Siklus haid normal pada wanita umumnya terjadi 21 hingga 35 hari. Berarti siklus haid yang Anda alami dalam rentang normal meski berbeda tanggal di setiap bulan.Anda dapat mempertahankan hormon agar tetap seimbang dengan menjalani hidup yang sehat, biasakan olahraga minimal 4 kali dalam seminggu, menjaga berat badan, istirahat cukup, makan bergizi. Konsultasi ke dokter kandungan jika siklus haid memendek atau memanjang dan tidak teratur.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidgangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil