Siklus haid seperti apa yang normal?

PE Info Penanya: PE, Wanita, 23 Tahun
Usia Saya 23 tag in, Dan saya mengalami siklus haid yang pendek yaitu 16 hari, apakah normal dok? Karena saya selalu mencatat hari dan tanggal setiap kali menstruasi dan hasil nya tetap sama, saya selalu mengalami haid setiap 16 hari sekali. Mohon penjelasnnya.. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, E

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Haid merupakan keadaan keluarnya darah dari vagina yang terjadi pada wanita sejak masa pubertas hingga menjelang masa menopause. Seorang wanita dikatakan memiliki siklus haid yang normal bila berkisar 21 hari 0 35 hari. Siklus haid ini dapat dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid pada periode bulan berikutnya. Sedangkan, lamanya sorang wanita mengalami haid dikatakan normal bila terjadi selama 3 - 7 hari. 

Perdarahan yang muncul saat haid beragam, biasanya dimulai dari bercak, keluarnya darah cair kekentalan  atau bahkan gumpalan yang kemudian kembali keluarnya bercak dan berangsur-angsur berhenti. Warna darah haidpun beragam, mulai dari merah, merah kecoklatan, merah kehitaman, coklat atau bahkan hitam. Beberapa hal dapat mempengaruhi siklus haid, seperti:

Terkait dengan pertanyaan Anda, bila siklus haid Anda adalah 16 hari maka masuk kategori tidak normal. Untuk mengetahui penyebab pastinya sebaiknya segera periksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan sehingga Anda mendapatkan penanganan yang sesuai.

Adapun beberapa tips agar siklus haid Anda normal adalah:

  • Hindarilah stres
  • Jaga berat badan Anda ideal
  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang
  • Perbanyak sayur dan buah-buahan
  • Lakukan olahraga rutin
  • Beristirahat dengan cukup

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.