Ejakulasi diluar vagina, apakah bisa hamil?

WP Info Penanya: WP, Wanita, 26 Tahun
Selamat pagi dokterSaya ingin bertanya dok,saya memilih KB sendiri dok,saya juga lagi menyusui anak saya berumur 4 bln dok, apakah saya juga bisa hamil kalau sperma dikeluarkan dok, saya disuruh KB sama mertua, tapi suami saya minta KB sendiri dok,bln ini saya belum haid,di bln Juni saya haid tanggal 10 lalu Juli saya haid tnggl 12 dok dan ini saya belum haid dok,apakah haid saya akan berubah lagi atau gimana dokTolong sarannya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, W

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan merupakan kondisi yang kerap kali ditunggu oleh pasangan suami istri, walaupun begitu terdapat pula pasangan suami istri yang berencana menunda kehamilan karena adanya alasan tertentu. Untuk menunda kehamilan bisa dilakukan dengan cara KB. KB bisa menggunakan alat kontrasepsi maupun tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Adapun beberapa pilihan KB diantaranya adalah:

Apabila saat melakukan huungan seksual tidak dilakukan ejakulasi di dalam vagina maka tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur wanita atau dengan kata lain tidak terjadi pembuahan. Sehingga, tidak terjadi kehamilan. Jika Anda dan pasangan Anda memang berencana menunda kehamilan, sebaiknya segeralah periskakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mengetahui jenis KB yang sesuai bagi Anda dan pasangan.

Terakit dengan siklus haid pada wanita, dapat dihitung dari hari pertama Anda haid terakhir hingga hari pertama haid pada bulan berikutnya. Normalnya, siklus haid pada wanita berkisar antara 21 hari hingga 35 hari. Jadi, dihitung berdarsarkan jumlah harinya, bukan dengan tanggal yang sama setiap bulannya. Usahakan tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari stres dan kelelahan, serta lakukan olahraga rutin agar siklus haid tetap lancar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara kuat di ranjang dapat diraih dengan olahraga dan makan sehat

Lupakan Obat Kuat, Berikut Cara Kuat di Ranjang Secara Alami dan Menyehatkan

Sebelum mengonsumsi obat, sebaiknya lakukan beberapa cara kuat di ranjang yang lebih alami. Diantaranya adalah dengan latihan kardiovaskular, konsumsi asam lemak omega 3, makan pisang, hingga senam kegel