Apakah siklus menstruasi saya normal?

AF Info Penanya: AF
Dok maaf mau tanyaBila siklus menstruasi terpanjang 33 hari dan siklus menstruasi terpendeknya 31 hari, apakah itu normal Dok?Mohon penjelasannya DokTerima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AFH.

Haid atau menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan. Menstruasi biasanya berlangsung 3-8 hari. Selama usia subur, menstruasi akan berulang dalam siklus yang teratur, normalnya 21-35 hari.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, siklus menstruasi 31-33 hari termasuk normal. Apabila Anda sudah menikah, dengan siklus menstruasi yang teratur, akan mudah untuk menghitung masa subur untuk merencanakan atau menunda kehamilan. Masa subur biasanya terjadi saat ovulasi (14 hari sebelum haid berikutnya) dan 5 hari sebelum ovulasi.

Jadi, jagalah siklus menstruasi Anda agar senantiasa teratur, dengan cara:

  • Mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, karena mengandung vitamin dan mineral
  • Mengonsumsi protein yang cukup, misalnya dari telur atau daging ayam
  • Minum air putih yang cukup
  • Rutin berolahraga
  • Tidur cukup dan menghindari begadang
  • Mengelola tingkat stres dengan baik

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.