Siklus menstruasi pasca melahirkan belum teratur?

CM Info Penanya: CM, Pria, 25 Tahun
Assalamualaikumselamat pagi Dok mau tanya, isteri saya sudah mengalami menstruasi pasca melahirkan, yang menjadi pertanyaan kami apakah normal isteri saya telat menstruasi yang ke duanya dok atau di hamil lagi dok??karena mhn maaf pada saat kami berhubungan tidak pernah mengelurkan sperma di dalam dok, selalu sy keluarkan diluar.Demikian terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CM, 

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Kapan menstruasi akan kembali lagi pasca melahirkan seringkali tergantung pada pada periode menyusui. Selain itu, siklus menstruasi setelah melahirkan kadang-kadang berbeda dari masa sebelum mempunyai anak. Kondisi ini terjadi karena tubuh sedang menyeimbangkan kembali hormon pasca hamil.

Jika Anda tidak yakin, periksakan ke dokter kandungan untuk memastikan. Karena metode pull out atau mencabut penis saat akan ejakulasi, tidak menjamin tidak terjadi kehamilan. 

Apabila saat ini Anda belum merencanakan untuk punya anak lagi, sebaiknya gunakan kontrasepsi. Diskusikan bersama pasangan Anda, kontrasepsi yang paling cocok.

Semoga jawaban saya dapat membantu. Salam sehat.

 

dr. Anandika

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.