Siklus menstruasi memendek dan nyeri hebat saat haid

AU Info Penanya: AU, Wanita, 20 Tahun
Dok, saya pada tanggal 30 april baru selesai haid tapi tanggal 18 mei mengeluarkan flek dan tanggal 20 mulai mengeluarkan darah menstruasi, padahal siklus menstruasi saya biasanya 33-35 hari dok dan saya merasakan nyeri hebat di perut bagian bawah, itu kenapa ya dok? (umur saya 20 tahun dan belum pernah hamil)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AU

Dismenorea adalah nyeri saat menstruasi dimana rasa nyeri yang dirasakan bisa lebih hebat dibandingkan kram biasanya. Kram perut sendiri bisa terasa baik mulai sebelum menstruasi atau saat PMS, awal menstruasi ataupun selama menstruasi terjadi. 

Beberapa penyebab dari dismenorea sendiri diantaranya adalah:

  • Kontraksi otot rahim berlebihan
  • Adanya pertumbuhan jaringan rahim yang tidak normal atau endometriosis
  • Adanya tumor jina kdi rahim
  • Infeksi atau penyakit radang panggul
  • Masalah hormonal

Gejala nyeri haid berlebihan juga bisa disertai masalah siklus menstruasi, rasa nyeri di punggung dan perut bawah, mual, pusing, nyeri kepala ataupun juga masalah lain.

Cara penanganan kram haid

Untuk sementara, disemnorea bisa dikurangi dengan cara menghangatkan perut dengan kompres hangat, cukup istirahat, olahraga rutin, mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol ataupun dengan mandi air hangat.

Apabila sering mengalami nyeri hebat saat menstruasi, ada baiknya dipastikan dengan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan lab darah dan juga USG untuk memastikan apa penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PMS umumnya ditandai dengan tubuh yang lemas maupun sakit kepala

PMS Ganggu Aktivitas Anda? Begini Cara Mengatasinya

PMS sangat umum diderita oleh wanita 5 hingga 11 hari sebelum menstruasi. Jika PMS sampai mengganggu aktivitas, Anda bisa lakukan beberapa langkah ini untuk mengatasinya.