Bagaimana cara mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 22 Tahun
Dok, saya usia 22 tahun belum menikah dan obesitas. Tinggi 150cm berat 87kg. Menstruasi saya memang tidak teratur. Dan darah keluar hanya 3 hari. Karna siklus makin berantakan 7 bulan lalu saya mengunduh aplikasi kalender mens. Harusnya saya mens 12 hari yang lalu tapi sampai hari ini belum mens dok. Apa ada obat / supplement yg bisa saya konsumsi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam QA,

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa penyebab dimana diantaranya adalah gangguan hormonal, berat badan berlebih, stres, adanya gangguan organ reproduksi seperti misalnya sindrom ovari polikistik, gangguan kesehatan lain seperti gangguan tiroid, ataupun bisa disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi.

Normalnya siklus menstruasi adalah 21-35 hari sekali dengan lama perdarahan 3-7 hari. Jadi perdarahan masih normal. Ada baiknya untuk bisa membuat berat badan lebih ideal dan bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan. Karena siklus yang tidak teratur bisa menandakan adanya gangguan sehingga bisa berkaitan dengan kesuburan nantinya.

Sementara bisa coba perbaiki keseharian dengan menjaga pola makan, pola istirahat, olahraga teratur dan juga bisa konsumsi beberapa makanan alami yang bisa melancarkan siklus haid seperti nanas, konsumsi kayu manis, makanan yang mengandung vitamin D, cuka apel ataupun jahe. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.