07 Oct 2020, 22:01Kandungan

Sudah dua bulan tidak menstruasi, bagaimana solusinya?

RI
Info Penanya: RI0
Saya mau bertanya dok Saya sudah hampir mau dua bulan saya belum datang menstruasi, tanda tanda akan datang menstruasi sudah keliatan tapi belum kunjung keluar, dan saya menjadi stres memikirkannya, kirakira solusinya gimana ya dok?
331 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, RI.Tidak menstruasi selama dua bulan adalah hal yang dapat dialami ketika seseorang memiliki hormon yang tidak seimbang. Pasalnya, siklus menstruasi diatur oleh sistem hormon tubuh yang kompleks. Jadi, apabila ada satu atau lebih hormon tubuh yang terganggu, siklus menstruasi juga dapat berubah, misalnya menjadi lebih pendek atau tidak teratur.Ada beberapa kondisi yang memicu ketidakseimbangan hormon, di antaranya:
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • Konsumsi obat tertentu, misalnya golongan kortikosteroid
  • Memiliki penyakit rahim seperti PCOS atau kista ovarium
  • Kelelahan fisik akibat aktivitas berat
  • Sering mengonsumsi makanan cepat saji atau minuman dengan pemanis buatan
  • Sedang stres atau sedang cemas berlebih
Untuk itu, yang sebaiknya saat ini Anda lakukan adalah mengurangi rasa cemas tersebut. Semakin Anda cemas, semakin tidak seimbang hormon tubuh Anda, dan akan semakin tidak teratur siklus menstruasi Anda. Cobalah berbagi kepada sahabat, teman, dan orang terdekat. Atau, lakukan yoga atau meditasi agar pikiran lebih rileks.Apabila telah melakukan hal tersebut, namun menstruasi tak kunjung datang hingga tiga bulan berturut-turut, periksakan kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Nantinya, dokter akan melakukan USG rahim atau pemeriksaan lainnya untuk memastikan penyebab, kemudian memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil