Siklus Haid yang tidak biasanya, apakah bermasalah pada kesuburan?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 2019 Tahun
Dok harusnya jadwal haid saya d tgl 15.Namun bulan ini d tgl 13 . Dan selama masa haid bulan ini agak aneh krna d tgl 13 keluqr haid, tgl 14 sudah tidak keluar darahnya. Tgl 15 hqid lgi 16 tidak haid. Tgl 17 haid lgi dan 18 bersih sampai hari ini. Ini kenapa ya dok? Apakah akan bermasalah pada masa kesuburan karna saya sudh nikah 1 thn belum punya anak. Pernah keguguran d usia 9 minggu saat usia pernikahan 5 bln.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NA

Terimakasih telah bertanya di SehatQ. 

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang dialami wanita usia reproduksi berupa keluarnya darah dari rahim akibat luruhnya dinding rahim karena sel telur tidak dibuahi. Menstruasi normalnya terjadi selama 4-9 hari, darah yang dikeluarkan sekitar 5-80ml perhari, dan dengan siklus menstruasi setiap 21-40 hari. Menstruasi dikatakan selesai apabila sudah tidak ada darah atau jaringan yang keluar di rahim. 

Dari keluhan yang Anda sampaikan, menstruasi Anda mengalami kemunduran selama 2 hari. Meskipun menstruasi biasanya teratur, terkadang bisa melebihi atau lebih cepat dari tanggal tangal menstruasi yang biasanya. Selama masih masuk dalam kriteria normal (siklus menstruasi setiap 21-40 hari) tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Keluar darah menstruasi anda tidak setiap hari kemungkinan disebabkan karena memang menstruasi anda belum selesai, atau darah menstruasi anda sedikit dan tidak sampai menetes banyak atau menetes tapi anda tidak sadar. Apabila jumlah darah yang keluar masih dalam kriteria normal menstruasi, tidak ada yg dikhawatirkan. 

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah apabila terdapat variasi dari salah satu komponen menstruasi normal tadi,misalnya: darah pada menstruasi keluar sangat banyak hingga mengharuskan anda ganti pembalut setiap jam, siklus menstruasi yang memanjang,  keluar darah menstruasi di luar siklus haid; atau bahkan kombinasi dari semua itu. 

 

Kesuburan sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari pasangan perempuan, dan laki laki memiliki faktor yang mempengaruhi kesuburan masing masing. Hal hal yang dapat menyebabkan ketidaksuburan antara lain:

 

  • usia yang semakin tua
  • merokok, alkohol
  • Berat badan terlalu kurus atau berlebihan
  • gangguan ovulasi wanita (ganguan hormon)
  • kerusakan tabung saluran indung telur
  • penyakit endometriosiis
  • obat obatan tertentu
  • gangguan bentuk uterus/kandungan
  • fibroid
  • gangguan hormon pada pria
  • impotensi, ejakulasi dini
  • gangguan pada organ kelamin, seperti torsio testis, varicocele, infeksi,dll.

 

Untuk dapat memeriksakan kesuburan lebih lanjut ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pasangan perempuan, dan ke dokter spesialis andrologi untuk pasangan laki laki. 

 

 

Semoga bermanfaat.

 

Salam Sehat,

 

dr. Sandy Aditya Pradana

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.