Siklus haid tidak lancar dan suntik KB

KK Info Penanya: KK, Wanita, 20 Tahun
Siang dok.. Saya punya gangguan siklus haid tidak teratur dalam 1tahun bisa 1/2x telat haid 2-3bulan,, saya mengalami itu sejak usia 14/15tahun dok.. sampai usia saya 19tahun apakah itu wajar dok.. ??? Dan disaat saya menikah usia 20tahun saya suntik KB yang 1bulan.. Apakah saya bisa hamil dok.. ??? Karna kekhawatiran saya yang siklus haid Ndak lancar dan saya malah KB suntik..Terimakasih dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KK,

Siklus mentruasi yang normal adalah terjadi setiap bulannya atau setiap 21-35 hari sekali, dengan disertai perdarahan menstruasi selama 3 sampai 7 hari.

Penyebab siklus menstruasi tidak normal

Siklus yang tidak lancar bisa disebabkan oleh beragam hal seperti:

  • Masalah hormonal 
  • Gangguan reproduksi seperti tumor jinak di rahim, endometriosis, adanya kista, PCOS dan lainnya
  • Penggunaan KB atau kontrasepsi
  • Masalah berat badan, mulai dari berat badan dibawah normal ataupun berat badan yang berlebih
  • Masalah kesehatan lain

Apabila saat ini menggunakan KB, tentunya tidak akan hamil. Jika memang sudah menginginkan kehamilan atau merencakanan hamil dalam waktu dekat maka perlu untuk segera lepas KB atau memilih metode KB lain. KB suntik sendiri memerlukan waktu untuk bisa kembali subur setelah dilepas.

Jika sejak dulu siklus haid seringkali tidak teratur, ada baiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan, untuk mencari tahu apa yang jadi penyebab masalahnya.

Jika ada masalah pada siklus menstruasi bisa berkaitan dengan masalah kesuburan, jadi sebaiknya bisa segera diberikan penangana lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.