02 Jan 2021, 14:40Kandungan

Apakah obat cyclo progynova tetap dilanjutkan setelah haid muncul ?

TM
Info Penanya: TM0
Assalamualaikum Dokter saya mau bertanya, Sya kemarin tgl 14 desember 2020 kontrol ke dokter diberi obat cycloprogynova.ini obatnya masih 6x mnum. Sya sdh keluar darah kyk mens (setelah sya pakai hubungan). Obatnya tetap saya habiskan atau saya hentikan minumnya? Kmudian sya kontrol besok senin.
727 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, T.Setiap wanita dapat mengalami gangguan menstruasi baik itu menstruasi yang tidak kunjung datang walau sedang tidak hamil, menstruasi yang memanjang dan banyak, siklus menstruasi yang tidak teratur, rasa nyeri perut melilit setiap datang menstruasi, ataupun belum sama sekali menstruasi walau tanda pubertas lainnya sudah muncul. Semua gangguan menstruasi ini dapat membuat wanita merasa khawatir.

Apa fungsi obat cyclo progynova pada wanita yang tidak datang bulan ?

Obat cyclo progynova adalah obat yang berisi hormon seperti esterogen dan progesteron yang mengatur terjadinya menstruasi pada seorang wanita. Pemberian terapi hormon ini harus menggunakan resep dan sesuai aturan dari dokter. Terapi hormon ini diharapkan dapat membuat siklus menstruasi wanita kembali teratur. Penggunaan terapi hormon ini harus dipastikan terlebih dahulu perempuan dalam keadaan tidak hamil, tidak mempunyai tekanan darah tinggi, tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan pengencer darah, dan wanita dengan benjolan di payudara.

Apakah obat cyclo progynova tetap dilanjutkan setelah haid muncul ?

Anda dapat mengehentikan obat cyclo progynova jika muncul gejala sesak nafas, sakit kepala, pandangan kabur, peningkatan tekanan darah, gatal di seluruh tubuh, serta nyeri dada setelah konsumsi obat cyclo progynova. Jika haid Anda sudah datang, dan tidak ada efek samping penggunaan obat yang terjadi, Anda tetap dapat melanjutkan obat cyclo progynova tersebut hingga waktunya kontrol ke dokter spesialis kandungan. Anda juga harus menjalankan pola hidup sehat, baik dangan makan makanan bergizi dan olahraga secara teratur agar tubuh sehat serta hormon tubuh menjadi seimbang.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasiterapi hormonal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil