11 Dec 2020, 07:15Kandungan

Hubungan intim setelah 3 hari selesai haid, beresiko hamil tidak?

DK
Info Penanya: DK0
Dok kl melakukan hubungan intim setelah 3 hari selesai haid,beresiko hamil g dok,,sedangkan penetrasi di dalam saat masih memakai kondom
1568 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DK,Kondom adalah alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Apabila melakukan hubungan tetapi menggunakan kondom maka kemungkinan terjadinya kehamilan bisa kecil risikonya. Kehamilan sendiri bisa terjadi jika kondom bocor atau robek. Kondom juga selain untuk mencegah kehamilan dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual. Jika berhubungan seksual 3 hari setelah haid bisa sudah mulai masuk masa subur, jadi jika tidak menggunakan alat KB seperti kondom, kemungkinan hamil bisa besar jika ada ejakulasi di dalam vagina.

Jenis alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan

Apabila sudah menikah dan masih ingin menunda kehamilan ada baiknya menggunakan alat KB yang rutin agar memberikan perlindungan yang optimal seperti misalnya:
  • Penggunaan KB suntik 1 bulan atau KB suntik 3 bulan
  • KB susuk atau KB implan
  • Pil KB
  • KB sprial atau IUD
Apabila disiklus berikutnya mengalami keterlambatan menstruasi, ada baiknya bisa coba melakukan pemeriksaan testpack meskipun risiko kehamilan hampir tidak bisa terjadi jika berhubungan menggunakan pengaman. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan sekshubungan seksualkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil