17 Nov 2020, 11:28Kandungan

Siklus haid yang normal bagaimana?

TW
Info Penanya: TW0
Dok bulan kemarin (Oktober) sy haid tgl 5 dan sampai skrg tgl 17 November sy blm haid jg apakah sy hamil dok? Tp sy coba tespek hasilnya negatif, itu masih dlm batas normal tidak dok siklus haid sy? Terimakasih sblumnya
242 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, TTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal siklus haid yang dialami wanita adalah 21 hari - 35 hari. Siklus haid ini dihitung sejak hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid pada periode berikutnya. Rata-rata wanita bersiklus haid 28 hari. Siklus haid yang terlambat salah satunya bisa disebabkan karena hamil. Selain hamil, siklus haid yang terlambat bisa karena beberapa faktor.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siklsu haid terlambat adalah:

  • Stres
  • Kelelahan fisik karean aktivitas berat
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Efek samping dari penggunaan alat konrasepsi (KB)
  • Maslaah hormonal
  • PCOS
  • Kondisi kesehatan lain pada organ reproduksi wanita
Terkait dengan keluhan yang terjadi pada Anda, beberapa kemungkinan penyebabnya bisa karena hal-hal yang tercantum di atas. Jika hari pertama haid terakhir Anda adalah 5/10/2020 dan hari ini 17/11/2020 terhitung sudah 44 hari yang artinya mengalami keterlambatan (normalnya 21 - 35 hari). Untuk mengetahui peneybab pastinya, lakukanlah pemeriksaan ke dokter speisalis kandungan terdekat dari lokasi Anda.Agar silus haid kembali lancar, hindari stres dan kelelahan, konsumsilah makanan yang bergizi, konsumsi sayur dan buah, minum air putih cukup dan lakukan olahraga ringan secara rutin.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil