Apa hamil?

UK Info Penanya: UK, Wanita, 1 Tahun
Maaf dik mau tanya saya terakhir datang bulan tgl 30 Juli berakhir tgl 7 Agustus dan sampai awal September belum juga datang bulan apakah itu tanda hamil pinggang sering nyeri dan panyudara juga nyeri makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang UK,

Siklus haid wanita idealnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali, namun sangat jarang siklus ini akan menetap setiap bulannya, seringkali akan maju atau mundur beberapa hari tergantung keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh.

Kemungkinan penyebab siklus haid Anda yang mundur beberapa hari adalah:

  • Berat badan tidak ideal, atau perubahan berat badan secara drastis.
  • Kelelahan atau kurang tidur.
  • Sering bergadang.
  • Kurang atau jarang berolahraga.
  • Sedang banyak masalah atau pikiran.
  • PCOS. Kondisi di mana hormon androgen berlebihan sehingga akan menyebabkan berat badan berlebih dan siklus haid terganggu.
  • Kehamilan. Bila Anda curiga hamil, maka lakukan tes pack kalau sudah 1 minggu terlambat haid. Hindari pemeriksaan yang terlalu cepat, karena hasilnya nanti akan semakin membingungkan.

Selama menunggu hasil tes pack, maka banyak istirahat, jangan bergadang, minum asam folat dan omega 3, hindari stres, serta minum air putih yang banyak biar pinggang tidak nyeri. Selain itu bila nyeri pinggang dirasakan berlebihan, maka kompres dengan air hangat dan minum paracetamol untuk sedikit meredakannya.

Misalkan hasilnya negatif dan tetap tidak haid dalam 3 bulan, maka sebaiknya periksa ke dokter kandungan untuk USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dosis parasetamol untuk ibu hamil

Mengenal Aturan Konsumsi Paracetamol untuk Ibu Hamil

Paracetamol untuk ibu hamil tentu ada aturannya. Jika dikonsumsi dalam dosis yang salah efeknya dapat menimbulkan risiko pada ibu dan janin dalam kandungan.