21 Jul 2020, 20:33Kandungan

Siklus haid yang tidak teratur, menstruasi dua kali sebulan

LR
Info Penanya: LR0
Dok, izin bertanya, bulan ini saya menstruasi 2 kali, saya menstruasi bulan Juli tanggal 2 selesai di tanggal 9, dan kini saya menstruasi lagi di tanggal 21, ini untuk pertama kalinya saya menstruasi dua kali dalam sebulan. Selama ini siklus haid saya teratur selalu maju sehari, ini siklusnya maju terlalu banyak. Apakah berbahaya?Terima Kasih
10120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang LR,Siklus haid idealnya adalah 1 bulan sekali atau siklusnya setiap 21 hari sampai 35 hari sekali. Menstruasi ini bisa berlangsung perdarahan antara 3 hari sampai 7 hari. Apabila dalam sebulan terjadi 2 kali menstruasi tapi siklusnya masih 21-35 hari masih bisa dikatakan normal. 

Penyebab gangguan menstruasi

Apabila lebih cepat dari 21 hari, perlu diperhatikan apa yang menjadi penyebab gangguan menstruasi. Beberapa hal bisa jadi faktor penyebabnya seperti:
  • Masalah hormonal
  • Gaya hidup sehari-hari
  • Aktivitas fisik berat
  • Kondisi psikologis seperti stres atau beban pikiran
  • Masalah berat badan
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Masalah kesehatan lain
Jika baru pernah terjadi atau menstruasi tidak deras hanya berupa flek saja maka perlu diperhatikan ada tidak riwayat behubungan seksual sebelumnya dimana bisa juga menandakan kehamilan. Tapi jika tidak ada riwayat hubungan seksual sebelumnya bisa juga karena penyeba lain.Untuk melancarkan menstruasi dan mengembalikan siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Bisa coba perbaiki gaya hidup dan kesehariannya. Upayakan bisa olahraga secara rutin, bisa tidur cukup, bisa mengelola beban pikiran dengan baik agar tidak bertumpuk dan menimbulkan beban psikis.Jika sering kali siklus tidak teratur ada baiknya memeriksaan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Anda juga bisa mencoba mengonsumsi minuman atau bahan alami untuk melancarkan menstruasi seperti nanas, kayu manis, jahe, kunyit, cuka apel ataupun bahan alami lainnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil