Kenapa siklus haid memendek?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok. Saya mau tanya dibulan juni kemarin saya haid tgl 28 juni dan berakhir 2 juli. Sekarang tgl 14 juli saya sudah haid lagi. Mohon dok jawaban nya. Selama ini tidak pernah seperti ini.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SS.

Siklus haid didefinisikan sebagai jarak antarhaid, dimana pada wanita sehat akan berkisar antara 21-35 hari. Siklus haid yang lebih singkat dari 21 hari, atau lebih panjang dari 35 hari, biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tubuh.

Beberapa penyebab siklus haid tidak di rentang waktu yang normal adalah:

  • Menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil, suntik, atau implan
  • Kondisi gangguan pada rahim, seperti PCOS atau kista ovarium
  • Memiliki penyakit lain, misalnya hipotiroid
  • Mengonsumsi obat-obatan golongan tertentu
  • Pola makan yang kurang sehat, seperti sering mengonsumsi junkfood
  • Kelelahan fisik atau psikis
  • Memiliki berat badan terlalu kurus atau gemuk

Pada kondisi yang Anda alami, jarak siklus haid Anda dari 28 Juni sampai 14 Juli adalah 16 hari, dimana mungkin saja disebabkan satu atau lebih hal di atas. Oleh karena itu, apabila ini berulang lagi selama tiga siklus berturut-turut, sebaiknya diskusikan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti USG rahim.

Lalu, lakukan juga pola hidup sehat agar kondisi hormon senantiasa seimbang. Konsumsi makanan sehat, perbanyak buah dan sayur, dan imbangi dengan minum air putih yang cukup. Bergeraklah aktif minimal 30 menit per hari, serta cukupi juga kebutuhan waktu tidur 2-9 jam perhari. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.