Apakah siklus haid saya normal?

PA Info Penanya: PA
Mau bertanya dok., Bulan mei sayakn haid tgl 25 nah bulan juni siklus saya maju jadi tgl 11 dan itu haid yg sya alami hanya 2 hari., lalu di bulan juli saya haid ditgl 8 dan dihari kedua pun haid saya selesai apakah haid saya masih bisa dikatakan normal atau tidk ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang P

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi normal pada wanita adalah 21 hari hingga 35 hari. Siklus menstruasi dapat diketahui dengan cara dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Secara normal, lamanya menstruasi wanita sekitar 3-7 hari.

Kondisi yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar adalah:

  • Adanya masalah pada hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Adanya masalah terkait berat badan (berat badan berlebih atau berat badan kurang)
  • Stres
  • Aktivitas fisik yang berlebih dan menyebabkan kelelahan
  • Efek samping dari penggunaan KB
  • Obesitas

Terkait dengan pertanyaan Anda, bila hari pertama menstruasi pada bulan mei pada tanggal 25 Mei kemudian menstruasi kembali pada tanggal 3 Juni, maka siklus Anda 18 hari. Kemudian, pada tangga 8 Juli Anda menstruasi maka siklus anda 27 hari. Sehingga, pada bulan Juni siklus Anda tidak normal karena kurang dari 21 hari. Sedangkan pada bulan Juli siklus Anda normal.

Konsumsilah makanan bergizi seimbang, hindari stres dan kelelahan, cukupilah kebutuhan cairan Anda agar tidak dehidrasi, lakukan istirahat cukup, berolahragalah dengan rutin agar badan tetap sehat dan bugar, serta periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat bila siklus haid Anda sering berubah-ubah.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda PMS yang umumnya terjadi adalah kram, sakit kepala, dan mood swing

Serba-serbi PMS, Mulai dari Tanda-tanda PMS Sampai Pencegahannya

PMS merupakan gejala fisik dan psikologis yang dialami oleh wanita sebelum mengalami menstruasi. Tanda-tanda PMS yang sering terjadi, antara lain: kram, payudara mengeras, perubahan nafsu makan, kaki tangan membengkak, sakit kepala, hingga diare.