Siklus haid normal itu menetap setiap bulannya atau tidak?

IL Info Penanya: IL, Wanita
Selamat pagi dokter, saya mau tanya tentang siklus haid, kalau siklus haid yang normal itu menetap setiap bulannya 28 hari atau antara 21-30 hari ? Makasih dokter...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IL,

Siklus menstuasi normalnya adalah antara 21-35 hari sekali. Dimana masing-masing orang bisa berbeda ada yang 28 hari, ada yang 30 hari, tapi siklusnya sebaiknya tetap setiap bulannya.

Penyebab siklus mentruasi tidak teratur

Jika tidak teratur seperti bulan ini 21 hari, lalu bulan berikutnya 33 hari maka perlu diperhatikan apa pemicunya. Beberapa hal yang mempengaruhi siklus menstruasi seperti:

  • Bisa karena pola hidup sehari-hari mulai dari pola istirahat
  • Adanya beban pikiran 
  • Perubahan berat badan yang drastis
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Olahraga atau aktivitas fisik berat
  • Gangguan kesehatan lain seperti masalah di organ reproduksi

Jadi supaya haid lancar dan teratur, perlu menjaga kebiasan sehari-hari ya. Dan upayakan mengonsumsi makanan yang bernutrisi serta menjaga berat ideal. Bisa juga konsumsi minuman dari bahan alami untuk membantu melancarkan haid seperti misalnya mengonsumsi air jahe, kunyit, cuka apel, kayu manis ataupun mengonsumsi nanas.

Sesekali juga bisa dilakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi berkala terutama jika sudah menikah atau jika belum juga hamil jika sudah menikah lebih dari 1 tahun. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.