Apakah olahraga mempengaruhi menstruasi?

NI Info Penanya: NI, Wanita, 20 Tahun
Malam dok, izin bertanya, sebelumnya siklus haid saya berlangsung 4-6 hari dengan volume darah yg keluar cukup banyak tiap awal, akan tetapi bulan ini siklus haid saya berlangsung dari malam senin hingga selasa dengan volume darah yg tdk banyak dan hari setelahnya hanya meninggalkan sedikit hingga bercak saja, apa itu masih normal dok? Dari yg saya baca faktor olahraga bisa mempengaruhi, karena 3 hari sebelum haid, saya lumayan intens untuk olahraga, apa itu berpengaruh dok? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi atau haid merupakan suatu kondisi yang dialami oleh setiap wanita dimana wanita akan mengalami perdarahan yang keluar dari vagina. Menstruasi wajarnya berlangsung selama 3-8 hari dengan kondisi di dua hari pertama akan mengalami perdarahan yang berat dan hari-hari berikutnya akan lebih ringan. Darah mens yang keluar sebanyak 30-70 ml (5-12 sendok teh) saat menstruasi. Tapi, pada beberapa wanita pasti akan mengalamin perdarahan yang lebih berat. 

Kondisi menstruasi yang Anda alami ini sebenarnya masih merupakan hal yang wajar. Pada beberapa kasus, memang ada wanita yang mengalami siklus menstruasi seperti Anda ini. Biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gangguan hormon, pola makan yang buruk, kelelahan, kurang istirahat, stres, olahraga, dll. Keadaan ini masih wajar. 

Olahraga yang baru Anda ikuti pun bisa mempengaruhi menstruasi Anda. Karena sebelumnya, mungkin Anda belum intens berolahraga dan sekarang Anda intens untuk berolahraga sehingga hormon-hormon di dalam tubuh Anda pun perlu beradaptasi dan akhirnya mengalami gangguan. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir.

Tetapi, jika kondisi menstruasi Anda sampai bulan berikutnya masih seperti ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstrual cup bisa jadi tidak aman apabila penggunaannya kurang tepat

Sebelum Menggunakan, Waspadai 3 Bahaya Menstrual Cup Ini

Menstrual cup memiliki bahaya yaitu toxic shock syndrome, iritasi, rasa jijik. Sebenarnya menstrual cup aman digunakan, jadi tidak aman apabila penggunaannya kurang tepat.