23 Mar 2021, 06:10Kandungan

Suntik KB 1 bulan menganggu siklus menstruasi?

N
Info Penanya: N, Wanita, 24 Tahun
dok..saya mau tanya ..bulan desember 2020 tanggal 22 saya pkai suntik kb yg 1 bulan di karenakan sya baru bisa makai kb jadi dari tanggal 22 desember 2020 itu saya haid terus menerus smpai tanggal 23 januari 2021 dok... selsai nya tanggal 24 januari..nah hbis itu bulan februari gak haid slama 1 bulan itu..di kira saya hamil atau apa.. trnyata gara2 bekas kb itu.. trus bulan berikut nya bulan maret tnyata tanggal 9 saya haid dok ..tpi gak smpai 7 hari..haid nya cuma 4 hari aja.. itu gimana dok?
127 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Sore N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.KB Suntik merupakan salah satu jenis KB yang sering digunakan di Indonesia. KB Suntik di Indonesia terbagi atas KB Suntik 1 bulan dan 3 bulan. Keduanya mengandung hormon progesteron yang berfungsi mencegah ovulasi sehingga tidak ada sel telur yang keluar, mengentalkan dinding rahim sehingga jika ada sperma yang akan masuk akan kesulitan, menipiskan dinding rahim sehingga jika ada sel telur yang berhasil dibuahi akan kesulitan untuk menempel.

Beberapa efek samping KB Suntik 1 bulan :

  • Perdarahan di luar menstruasi atau tidak menstruasi sama sekali
  • Berat badan bertambah
  • Berjerawat
  • Berisiko terkena osteoporosis
  • Menurunnya libido
  • Membutuhkan waktu yang lama jika ingin kembali ke siklus menstruasi awal
Sehingga pada keluhan yang Anda sebutkan di atas besar kemungkinan efek terlambat haid dan haid tidak teratur bisa menjadi salah satu efek KB Suntik yang Anda alami. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait KB Suntik, Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter kandungan atau lakukan konsultasi secara online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil