Siklus datang bulan terlambat meskipun rutin suntik KB

TA Info Penanya: TA, Wanita, 2019 Tahun
Sore dok,,mau tanya saya biasa iya tiap bulan rutin datang bulan,,tapi bulan ini saya belum datang bulan,,tapi kemarin pas waktu suntik saya udh suntik kb,,tapi sampai sekarang saya belum mens juga itu kenapa iya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TA,

Terlambatnya datang bulan pada seorang wanita dapat disebabkan oleh beberapa hal :

  1. Stres, tanpa disadari stres dapat mengganggu hormon yang ada di dalam tubuh wanita. Gangguan hormon ini menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu.
  2. Kehamilan. Gejala awal pada ibu hamil adalah terlambatnya haid. Pemakaian kontrasepsi apapun jenisnya tetap memiliki kemungkinan kecil untuk hamil, karena jenis kontrasepsi apapun tetap memiliki kekurangan, tidak bisa 100% mencegah kehamilan. Hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan air seni untuk kehamilan atau USG.
  3. Kelelahan, disaat seseorang melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat, maka hal ini dapat mengganggu siklus menstruasi.
  4. Perubahan berat badan yang terlalu drastis. Saat berat badan seseorang berubah secara mendadak, baik berubah mendadak menjadi kurus atau gemuk, maka hormon akan terganggu dan menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar.
  5. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Terjadi bila seorang wanita memiliki  hormon androgen (hormon yang umumnya dijumpai pada laki-laki) lebih banyak.

Beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi terlambat haid adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, memperbanyak sayur dan buah-buahan, hindari konsumsi alkohol, hindari asap rokok, hindari aktivitas fisik yang membuat tubuh kelelahan.

Bila terlambat haid lebih dari 1 bulan dan disertai keluhan nyeri, mual, muntah, pusing, lemas maka segera periksakan diri ke dokter atau Rumah Sakit terdekat.

Kami juga menyarankan untuk membaca artikel terkait penyebab terlambat haid.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.