Darah haid sedikit, apakah ini normal?

TA Info Penanya: TA, Wanita, 25 Tahun
Pagi dok.. saya sudah dua bulan ini siklus haidnya 41 hari tapi dengan volume darah haid nya sedikit.. sebelum menikah volume darah haid saya banyak sekali dan siklusnya normal 32 hari .. itu bertanda apa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus haid yang dialami oleh setiap wanita tentu berbeda-beda. Sebagian wanita mungkin ada yang mengalami siklus haid panjang, sementara lainnya tergolong pendek. Ada pula yang memiliki volume darah haid yang banyak maupun darah haid sedikit.

Pada dasarnya, siklus haid yang Anda alami akan selalu sama atau konsisten setiap bulan. Namun ada beberapa kondisi tertentu yang bisa saja membuat menstruasi lebih panjang atau lebih pendek. Dan volume darah haid yang lebih sedikit atau lebih banyak.

Beberapa penyebab yang membuat darah haid lebih sedikit :

Untuk mengatasi beberapa gejala diatas, Anda dapat menerapkan beberapa cara seperti hindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, konsumsi makanan bernutrisi tinggi, lakukan rileksasi dengan cara meditasi atau melakukan berbagai hal-hal yang Anda sukai, menerapkan pola hidup sehat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsutasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.