Siapa yang paling rentan terkena virus corona?

FF Info Penanya: FF, Wanita
Hai, dok! Saya sedang melakukan self-isolation di rumah. Saya tinggal bersama Ibu yang sudah lansia dan anak saya yang masih balita. Beritanya terus simpang siur. Ada yang bilang mereka masuk dalam golongan usia yang rentan terkena corona. Sebenarnya apakah itu benar, dok? Jadi apa yang harus saya lakukan untuk menghindari mereka terinfeksi corona? Terima kasih, dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FF.

Virus corona adalah virus yang saat ini sudah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Virus ini berbahaya, dan memberikan gejala kepada sistem pernapasan, seperti batuk berdahak, pilek, sesak napas, ataupun demam. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona disebut COVID-19.

Di Indonesia sendiri, COVID-19 dimulai dari dua orang di Depok, yang salah satunya mengalami kontak dengan warga negara asing yang positif. Virus tersebut kemudian menginfeksi orang-orang lainnya dan menyebar ke daerah-daerah di Indonesia.

Virus corona mampu menginfeksi segala kalangan usia, baik tua ataupun muda. Sebagian penderita COVID-19 mengidap sakit ringan-sedang, dan tidak menimbulkan komplikasi yang serius. Namun, sisanya yang sudah memiliki penyakit bawaan seperti lansia, akan cukup rentan dan menimbulkan komplikasi.

Berikut adalah beberapa kelompok yang rentan mengalami komplikasi apabila terkena COVID-19:

  • Memiliki penyakit gangguan paru, seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  • Menderita kanker atau sedang dalam kemoterapi
  • Memiliki gangguan saraf, seperti Parkinson, multiple sclerosis, atau cerebral palsy
  • Memiliki kekebalan tubuh yang lemah, seperti HIV-AIDS atau limpanya sudah diangkat
  • Menderita diabetes
  • Obesitas dengan BMI di atas 40

Sampai tanggal 17 Maret 2020 pukul 12.29 WIB, penyakit COVID-19 telah diderita oleh 200.097 orang di 167 negara dan satu kapal pesiar, dengan angka kesembuhan 82.913 orang dan meninggal 8.010 orang. Di Indonesia, sampai tanggal 18 Maret 2020, terdapat 227 kasus dengan 19 orang meninggal dan 11 orang sembuh. 

Jangan lupa lakukan tindakan pencegahan agar tidak terkena COVID-19, dengan mencuci tangan secara teratur, mengenakan masker jika sedang sakit, konsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup, dan rutin berolahraga ya.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus corona pertama muncul di Negara Cina (Tiongkok)

Fakta Dampak, Penyebab, dan Gejala Virus Corona yang Wajib Diketahui

Virus corona sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti SARS-cov yang menyebabkan severe acute respiratory syndrome (SARS) dan MERS-cov yang menyebabkan Middle-east respiratory syndrome (MERS). Gejala yang biasa muncul adalah demam, batuk, dan sesak napas.