Normalkah sudah SC 8 bulan belum haid lagi?

YY Info Penanya: YY
Hallo dok...saya sudah SC 8 bulan yg lalu tapi sampai sekarang belum haid juga dok..anak saya asi eksklusif dan sampai sekarang masih Asi walau sudah MPASI...jika masih normal batas waktunya saya bisa haid lagi kapan y dok? Karna sebelumnya saya haid teratur tiap bulan... terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YY,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi setelah melahirkan umumnya bervariasi antara 4 sampai 10 bulan, namun ada juga yang mencapai 15-18 bulan setelah melahirkan, berbeda-beda pada masing-masing individu.

Hal ini bergantung pada saat ibu menyusui menyebabkan pelepasan leutenizing hormon dan follicle stimulating hormone serta beta endorfin yang dihasilkan pada proses menyusui bayi karena dapat menyebabkan penurunan kadar dopamine, yang menyebabkan telur tidak ovulasi dan menyebabkan tidak haid. Umumnya akan kembali normal dengan sendirinya setelah ibu berhenti menyusui.

Apakah Anda menggunakan alat kontrasepsi pasca melahirkan? hal tersebut juga dapat mempengaruhi siklus haid Anda. Tetap menjaga pola makan dengan makanan bergizi cukup sayur dan buah.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda sudah berhenti menyusui namun tetap belum haid.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mayoritas wanita baru mengetahui mengidap fibroid rahim alias mioma secara tidak sengaja namun mioma dapat disembuhkan dengan obat maupun operasi

Mengidap Fibroid Rahim? Tenang, Begini Cara Menyembuhkan Fibroid Rahim!

Fibroid rahim alias mioma bisa disembuhkan dengan obat maupun operasi. Tumor jinak ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa gejala fibroid rahim, antara lain nyeri haid yang parah dan sakit perut.