Apakah masturbasi bisa bikin nyeri perut?

IS Info Penanya: IS, Pria, 21 Tahun
Selamat malam dok Saya mau tanya kenapa setelah melakukan masturbasi perut terasa nyeri seperti saat hari pertama haid bahkan saat naik kendaraan ketika terkena guncangan perut terasa sakit banget. Sudah 3 hari perut nyeri setelah melakukan masturbasi tersebutKira kira apa penyebabnya dok?Dan Bagaimana cara menanganinnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Masturbasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan rangsangan seksual guna mencapai gairah seksual (orgasme). Untuk wanita, kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan rangsangan seksual pada payudara, klitoris dan juga vagina. Rangsangan tersebut biasanya berupa sentuhan karena area-area ini merupakan area yang sensitif terhadap rangsangan. Sedangkan untuk pria, kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan stimulasi pada penis seperti menyentuhnya dan memijatnya hingga mencapai orgasme berupa ejakulasi.

Masturbasi sering dianggap tabu oleh banyak orang. Padahal, masturbasi memiliki banyak manfaat. Manfaat dari masturbasi, yaitu:

  • Meringankan stres.
  • Memperbaiki suasana hati dan kualitas tidur. 
  • Meringankan kram.
  • Menurunkan resiko kehamilan dan penyakit menular seksual.
  • Merasakan kenikmatan saat berhubungan seksual. 
  • Baik pria maupun wanita sama-sama mempelajari apa yang dapat membantunya untuk mencapai orgasme. 

Di samping itu, masturbasi juga memiliki efek samping yaitu penularan penyakit menular seksual jika dilakukan dengan pasangan dan gangguan pada penis (pada pria). Kondisi yang Anda alami ini kemungkinan bukan berasal dari efek masturbasi jika Anda melakukannya tidak sampai ke daerah perut. Kemungkinan penyebabnya bisa karena kram otot, PMS (premenstrual syndrome), dll. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Sementara untuk mengurangi gejala nyeri, Anda bisa mengkonsumsi obat paracetamol dan melakukan kompres air hangat pada daerah perut yang nyeri.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.