pemeriksaan fungsi hati, sgot dan sgpt

RJ Info Penanya: RJ
sore dok dua minggu yang lalu saya MCU hasil sgot 87.0 dan hasil sgpt 161.0apakah saya termaksud kena hepatitis dok padahal keluahan sama sekali gk ad dan konsumsi obat2 juga ngk alkohol juga ngk dok mohon sarannya dok bagaimana menurunkan sgot dan sgpt saya kembali di batas normal terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RJ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hati adalah salah satu dari organ vital manusia yang berfungsi untuk menyaring  racun dalam tubuh, menyimpan vitamin dan mineral, mencerna lemak dan masih banyak fungsi lainnya yang sangat penting dalam tubuh. Fungsi dari hati ini dapat terganggu karena adanya berbagai faktor seperti pola makan dan pola hidup yang tidak sehat, adanya infeksi, serta pada beberapa kondisi medis lainnya.

Untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada fungsi hati, terdapat pemeriksaan sederhana yang dapat menggambarkan hal tersebut, diantaranya adalah pemeriksaan SGOT dan SGPT.

SGOT (AST) sendiri adalah suatu enzim yang terkandung dalam berbagai organ dalam tubuh, khususnya hati. Enzim ini akan dilepaskan ke dalam darah apabila terdapat kerusakan pada jaringan organ tersebut. Karena tidak hanya menggambarkan kerusakan pada hati maka pada dasarnya pemeriksaan SGOT ini belum merupakan indikator yang spesifik untuk kerusakan organ hati.

Sedangkan untuk pemeriksaan SGPT (ALT), paling banyak di organ hati. Sehingga ketika adanya gangguan pada organ hati, SGPT ini akan dilepaskan ke aliran darah.

Terkait dengan pertanyaan Anda, nilai normal dari SGOT sendiri 5-40 (IU/L), dan untuk SGPT 7-56 (IU/L), atau sesuai dengan nilai rujukan laboratorium. Seperti penjelasan diatas, nilai SGOT karena tidak terlalu spesifik mengarah pada organ hati, dapat disebakan oleh gangguan pada organ lainnya seperti otot, ginjal, otak dan jantung.

Sedangkan untuk kadar SGPT Anda yang meningkat dapat disebabkan oleh berbagai keadaan seperti :

  • gangguan pada hati atau ginjal
  • penyakit hati kronis
  • konsumsi alkohol
  • penyumbatan saluran empedu
  • cedera otot
  • kerusakan pada sel darah merah
  • konsumsi vitamin A yang berlebih
  • konsumsi jenis obat-obatan tertentu 

Untuk memastikan penyebab dari kadar SGOT dan SGPT yang meningkat pada Anda perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, khususnay oleh dokter Spesialis Penyakit Dalam, dan Pengobatan spesifiknya akan disesuaikan dengan penyebab yang ditemukan. 

Untuk sementara Anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk membantu menurunkan kadar SGPT Anda, diantaranya adalah :

  • konsumsi suplemen asam folat
  • mengurangi konsumsi makanan tinggi karbohidrat
  • konsumsi kopi

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Daun salam segar maupun yang telah dikeringkan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan

Tak Hanya untuk Masakan, Ini Dia Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat daun salam tak hanya untuk menambah aroma masakan saja. Mulai dari mencegah kanker hingga mengatasi ketombe, manfaat daun salam sangat beragam.