15 Mar 2021, 00:33Kandungan

Apakah sperma yang menembus celana dapat memicu kehamilan?

JM
Info Penanya: JM0
Izin bertanya dok, apabila sex dengan kondisi saya memakai celana dalam dan celana training, lalu pasangan saya tidak memakai apapun (telanjang) melakukan gerakan sex man on top(pria diatas dan wanita dibawah) disaat ejakulasi, sperma keluar menembus celana dok, dan tidak sadar dan kami tidak tau apa sperma itu bisa menyebabkan kehamilan atau tidak dok?
209 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, JM.Sperma adalah sel yang dihasilkan oleh organ kelamin pria. Sel ini berperan penting dalam proses reproduksi. Dengan sperma yang berkualitas, maka kemungkinan kehamilan akan lebih besar. Agar kehamilan dapat terjadi, sperma harus bertemu dengan sel telur. Pertemuan tersebut dapat terjadi apabila pria dan wanita melakukan aktivitas seksual, misalnya:
  • memasukkan penis ke vagina dan ejakulasi di dalam
  • memasukkan penis ke vagina dan ejakulasi di luar (ada cairan pre-ejakulasi yang sudah masuk dan juga mengandung sperma)
  • melakukan ejakulasi di area sekitar vagina
  • menyentuh sperma dengan jari, kemudian memasukkan jari tersebut ke vagina (splash pregnancy)
Nah, dari cerita yang Anda sampaikan; apabila pada saat ejakulasi sperma pria menembus celana, maka risiko kehamilan ada. Namun, risikonya memang tergolong kecil ketimbang langsung memasukkan penis ke dalam vagina. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda memantau hingga jadwal haid pasangan Anda selanjutnya, dan lakukan testpack apabila ada keterlambatan.Tapi, sebaliknya, apabila haid datang tepat waktu, maka berarti tidak hamil. Apabila belum menikah, sebaiknya hindari melakukan aktivitas seksual lagi; karena dapat memicu risiko seperti penyakit menular seksual ataupun kehamilan yang tidak diinginkan. Tapi, apabila sudah menikah, lakukanlah seks seperti normalnya pasangan suami istri, yaitu tanpa busana.Tanyakan kepada orangtua atau dokter spesialis kandungan apabila membutuhkan pendidikan seks yang lebih mendalam. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tes kehamilanspermapendidikan seks
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil