Apakah petting bisa menyebabkan kehamilan?

MM Info Penanya: MM
Dok, melakukan petting apakah bisa menyebabkan kehamilan? Sedangkan petting yg dilakukan keduanya masih memakai celana lengkap
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

petting adalah istilah untuk salah satu bagian dari foreplay sebelum melakukan hubungan seksual. Salah satu tindakan petting yang sering dilakukan adalah menggesek-gesekan kelamin (penis dan vagina). Selain itu tindakan petting yang lainnya seperti membelai payudara atau putting wanita, mencium, merangsang vagina dan klitoris dengan sentuhan, oral seks, dan membantu pria ejakulasi dengan tangan wanita.

Petting dapat menyebabkan kehamilan atau tidak sangat tergantung pada aktivitas seksual yang dilakukan. Semakin Anda melakukan petting di dekat liang vagina, akan meningkatkan resiko terjadi kehamilan karena meningkatkan peluang sperma bisa masuk ke dalam vagina dan bertemu dengan sel telur sehingga terjadi kehamilan.

Selama petting tidak dilakukan dekat dengan vagina, maka kemungkinan untuk hamil kecil atau hampir tidak ada. Risiko untuk tertular penyakit menular tetap ada jadi sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dan mempertimbangkan resiko dari petting.

Jika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan atau gejala penyakit menular setelah melakukan petting, periksakanlah diri ke dokter kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercinta saat haid perlu dilakukan dengan cara yang benar

Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Bercinta Saat Haid

Bercinta saat haid mungkin masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Meski memiliki berbagai manfaat, ada pula sederet risiko yang patut diwaspadai mengenai berhubungan seks saat haid ini.