13 Aug 2021, 19:07Kandungan

Terlambat haid setelah berhubungan seksual, apakah hamil?

GP
Info Penanya: GP0
Halo doc, Saya melakukan aktivitas sex dengan menggunakan kondom, dan melakukan ejakulasi diluar. Saat Ini kondisi pasangan saya sudah telat haid selama 4 hari (dgn durasi haid 35 hari). Periode sebelumnya juga ada mundur jadwal haid. Saat telat 2 hari, sudah melakukan test pack hasilnya negatif. Bagaimana memastikan bahwa telat haid tersebut disebabkan karena hamil atau hal yang lainnya (HORMON)? Note: Sebulan ini pasangan sedang melakukan diet ketat, ada perubahan pola makan dan olahraga
221 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, GTerima kasih atas pertanyaan AndaHamil terjadi pada saat sperma berhasil membuahi sel telur wanita, sehingga perlu dilakukan hubungan seksual dengan pria berjejalulasi di dalam vagina wanita. Peluang terjadinya hamil ini akan semakin besar jiak hubungan seksual tersebut dilakukan saat wanita sedang dalam masa subur.Terkait dengan kondisi yang Anda tanyakan, jika saat berhubungan seksual menggunakan kondom dengan benar dengan ejakulasi pria dilakukan di luar vagina serta dipastikan tidak ada sperma yang masuk, maka kemungkinan untuk terjadi kehamilan sangat kecil atau bahkan tidak hamil. Untuk memastikannya, perlu dilakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian.Siklus haid wanita yang normal berkisar antara 21 - 35 hari. Sedangkan durasi haid yang normal adalah 3 - 7 hari. Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabka haid wanita tidak lancar dan siklus yang tidak teratur.

Adapun di bawah ini beberapa penyebab haid tidak lancar dan siklus tidak teratur adalah:

  • Adanya perubahan berat badan mendadak karena melakukan diet ekstrim
  • Ketidakseimbangan kondisi hormon tubuh
  • Efek penggunaan alat kontrasepsi
  • PCOS
  • Kelelahan fisik
  • Stres, kecemasan
  • Kondisi medis lain terakit kesehatan reproduksi wanita
Terkait dengan kondisi Anda, salah satunya bisa karena faktor di atas. Usahakan tetap konsumsi makanan bergizi, atasi stres, terapkan gaya hidup sehat, dan hindari melakukan seks bebas agar haid kembali lancar. Periksa ke  dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil