27 Jun 2021, 08:24Kandungan

Apakah berbahaya seks saat haid?

U
Info Penanya: U0
Halo dok, saya sudah brp kali berhubungan saat hari2 terakhir hadi. Kadang saat sebelum berhubungan saya ngecek dan darah sdh tdk, adanya hnya flek kecoklatan sja, makanya saya kira haid saya sdh selesai. Dan saat berhubungan darah haid tiba2 keluar dan sex masih berlanjut, apakah itu tdk apa2 dok? Tapi saat berhubungan pasangan saya selalu menggunakan kondom jd darah tidak mengenai penis secara langsung, mohon penjelasannya dok terima kasih
45 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, U                     Terima kasih atas pertanyaannya.Seks atau Hubungan intim saat haid tidak dilarang namun ada risiko yang mungkin terjadi antara kehamilan hingga timbulnya infeksi karena saat haid leher rahim terbuka dan lebih sensitif.     

Risiko hubungan intim saat haid :

  • Infeksi di kelamin hingga ke rahim yang terjadi akibat kondisi vagina yang lembab sehingga saat terjadi penetrasi bukan tidak mungkin meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri.
  • Kehamilan ketika memiliki siklus ovulasi yang cepat.
  • Infeksi kelamin akibat penyakit seksual.
Flek yang muncul setelah hubungan intim dapat merupakan faktor normal seperti sisa darah haid hingga tanda adanya gangguan di rahim. 

Penyebab flek setelah hubungan intim :

  • Sisa darah haid sebelumnya.
  • Penggunaan KB hormonal. 
  • Tanda ovulasi.
  • Flek kehamilan.
  • Peradangan di vagina karena infeksi kelamin atau infeksi seksual.
  • Penyakit di rahim contohnya kista ovarium, polip rahim, endometriosis, tumor rahim serta erosi rahim.
Jadi menggunakan kondom saat hubungan dikondisi haid memang dapat mencegah infeki seksual dan kehamilan namun bukan berarti tidak memicu infeksi dan iritasi di vagina.  Untuk itu jika masih dalam siklus haid ada baiknya tunda dulu hubungan intim, beri waktu agar rahim bersih dan haid benar-benar selesai sehingga tidak berpotensi menimbulkan gangguan di tubuh.  Periksa dokter sepsialis kandungan bila darah berulang keluar setiap habis hubungan seksual. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
haidmenstruasihubungan seks beresikopenyakit rahimvulvovaginitisflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil