Apa sejala gejala alergi?

MG Info Penanya: MG
Dok,saya mau nanya udh berapa hari ini saya mengalami batuk batuk berdahak sehingga membuat tenggorakan saya menjadi gatal terutama pada saat saya mau tidur itu knpa ya dok? Trs saya sering sekali mengalami gatel gatel merah diseluruh badan awalnya satu tempat pas saya garuk dia menyebar kemana mana besok paginya bibir saya jdi kaya orang jontor gitu dok itu knpa ya dok?hehe maaf yaa dok saya nanyanya sekalian soalnya risih seharian bisa aja saya mengalami hal keduanya dok, terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MG.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Batuk merupakan suatu respon normal yang dilakukan oleh tubuh kita untuk mengeluarkan partikel atau zat asing dari sistem pernapasan. Batuk merupakan upaya sistem pertahanan tubuh. Sedangkan dahak atau lendir secara normal diproduksi di dalam saluran napas untuk menjaga kelembaban saluran napas. Batuk yang terjadi sesekali biasanya terjadi untuk membantu menggerakkan dahak tersebut.

Salah satu penyebab batuk adalah alergi. Alergi merupakan reaksi kekebalan atau imunitas tubuh seseorang terhadap zat, benda atau kondisi tertentu yang biasanya tidak menimbulkan reaksi pada orang lain. Benda, zat atau kondisi tersebut biasanya dikenal dengan istilah alergen.

Jika seseorang yang mempunyai riwayat alergi terpapar oleh alergen, maka sistem imun akan mengeluarkan reaksi karena alergen dianggap berbahaya bagi tubuh orang tersebut. Contoh alergen bermacam-macam, di antaranya debu, cuaca dingin, makanan, obat-obatan, tanaman dan lain sebagainya. Gejala alergi masing-masing individu berbeda-beda, tergantung dari derajat keparahannya. 

Adapun beberapa gejala alergi yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

  • Bersin-bersin, hidung berair
  • Batuk
  • Mata merah, gatal dan berair
  • Ruam pada kulit
  • Gatal area tubuh
  • Bengkak pada bibir
  • Sesak napas 

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya reaksi alergi adalah dengan cara menghindari alergen penyebab alergi tersebut. Selain itu, untuk mengurangi rasa gatal bisa digunakan bedak salisil, konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari menggaruk yang terlalu sering karena dapat melukai area kulit, serta jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. 

Jika keluhan dirasa memberat, bisa menghubungi dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsumsi kacang dalam jumlah sedikit pun dapat menimbulkan gejala alergi yang serius pada pengidap alergi kacang

Kenali Gejala Alergi Kacang agar Tidak Terlambat Ditangani

Pernah merasa gatal di sekitar mulut atau tenggorokan setelah Anda makan kacang? Mungkin saja Anda mengalami gejala alergi kacang. Meski terlihat sepele, alergi kacang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, gejalanya bisa berkembang semakin parah dan mengancam jiwa.