Setiap minum obat Paracetamol selalu gatal, apakah penyebabnya?

Z Info Penanya: Z, Wanita, 31 Tahun
Dok saya ingin bertanya, Kenapa setiap minum obat yang mengandung Paracetamol selalu gatal.apa penyebabnya? apakah saya memiliki penyakit tertentu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Z

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bila anda gatal-gatal setiap minum paracetamol ada kemungkinan anda memang alergi terhadap paracetamol dan obat-obat yang mengandung paracetamol. Sehingga hati-hati saat anda membeli obat yang dijual bebas karena bisa berisi paracetamol. Setiap anda berobat ke dokter atau klinik jangan lupa menyampaikan anda alergi paracetamol. Karena reaksi alergi bervariasi bisa ringan seperti gatal atau bisa berat sampai dengan sesak nafas. Terutama pada obat yang masuk melalui suntikan dan saat ini sudah ada varian paracetamol dalam bentuk infus.

Gejala alergi diantaranya gatal-gatal, ruam pada kulit, pembengkakan, penyempitan saluran nafas dan drop tekanan darah. Karena alergi ditentukan oleh tubuh anda sendiri, pada paparan awal biasanya masih ringan tapi pada paparan selanjutnya bisa berbahaya. Semoga penjelasan saya bermanfaat. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat alergi berfungsi meredakan gejala alergi, dan bukan menyembuhkannya

Berbagai Jenis Obat Alergi dan Cara Kerjanya

Meski alergi tidak bisa disembuhkan dengan obat, reaksi dan gejala alergi bisa diatasi dengan obat alergi. Ada berbagai jenis dan bentuk obat yang bisa Anda pilih untuk meredakan gejala alergi, dari obat apotek hingga alami.