Setiap malam merasa sedih dan kesepian?

NP Info Penanya: NP, Wanita, 2019 Tahun
kenapa setiap malam saya sering merasa sedih kalau saya sendiri? saya masih SMA dan saya takut kalau orang2 pergi tidur dimalam hari, karna saya merasa sepi dan tidak punya teman
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anda memiliki gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang ditandai dengan cemas berlebihan yang tidak terkendali dalam kehidupan sehari-hari. Apakah ada penyebabnya anda merasa takut di malam hari? Apakah sulit untuk bicara dengan keluarga dan orang terdekat tentang masalah anda? Karena gangguan ini mengganggu aktivitas anda sehari-hari yang dipenuhi rasa cemas dan takut berlebihan.

Faktor keturunan atau kelainan aktivitas otak terutama bagian otak yang mengatur emosi dan tingkah laku memilki peran dalam gangguan pada diri anda. Terutama bila ada peristiwa atau pengalaman yang membekas pada anda. Coba bicarakan dengan orang lain karena dapat membantu mengurangi gejala anda. Anda juga dapat menemui Dokter, Psikiater atau Psikolog untuk mendapat terapi yang tepat.

Saya lampirkan juga artikel mengenai cemas berlebihan dan cara mengatasinya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi adalah gangguan mental yang menjadi penyebab kecacatan tertinggi kedua setelah HIV/AIDS

Penyebab Depresi dan Perbedaannya Berdasarkan Jenis Kelamin

Penyebab depresi cukup berbeda di antara wanita dan pria. Dalam penyebab depresi pada wanita, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, ekspektasi sosial, dan lain-lain. Sementara dalam penyebab depresi pada pria dipengaruhi oleh penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual sewaktu kecil, dan lain-lain.