Setiap malam merasa sedih dan kesepian?

NP Info Penanya: NP, Wanita, 2019 Tahun
kenapa setiap malam saya sering merasa sedih kalau saya sendiri? saya masih SMA dan saya takut kalau orang2 pergi tidur dimalam hari, karna saya merasa sepi dan tidak punya teman
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anda memiliki gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang ditandai dengan cemas berlebihan yang tidak terkendali dalam kehidupan sehari-hari. Apakah ada penyebabnya anda merasa takut di malam hari? Apakah sulit untuk bicara dengan keluarga dan orang terdekat tentang masalah anda? Karena gangguan ini mengganggu aktivitas anda sehari-hari yang dipenuhi rasa cemas dan takut berlebihan.

Faktor keturunan atau kelainan aktivitas otak terutama bagian otak yang mengatur emosi dan tingkah laku memilki peran dalam gangguan pada diri anda. Terutama bila ada peristiwa atau pengalaman yang membekas pada anda. Coba bicarakan dengan orang lain karena dapat membantu mengurangi gejala anda. Anda juga dapat menemui Dokter, Psikiater atau Psikolog untuk mendapat terapi yang tepat.

Saya lampirkan juga artikel mengenai cemas berlebihan dan cara mengatasinya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.