Setiap malam dada sesak dan sakit kepala, bagaimana mengatasinya ?

FA Info Penanya: FA, Pria, 24 Tahun
setiap malam dada saya sesak, diselingi dengan sakit kepala. Saya bukan perokok & rajin berolahraga. Kira2 bagaimana ya untuk mengatasi sakit ini dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FA

Gejala sesak nafas bisa diakibatkan gangguan di pernapasan, jantung atau psikis Anda. Bila terkait waktu di malam hari, apakah napas Anda berbunyi saat sesak? Bila iya bisa diakibatkan udara dingin di malam hari, sehingga timbul reaksi alergi pada saluran pernapasan yang mengakibatkan sesak napas karena penyempitan saluran napas dan banyak mengeluarkan lendir. Kondisi ini biasa disebut dengan asma. 

Sakit kepala timbul bisa karena kekurangan oksigen saat sakit napas. Atau bisa dari gangguan psikis misalnya sedang banyak tekanan di tempat kerja, stres atau depresi. Pada gangguan psikis yang sudah lama berlangsung / kronis, bisa sampai menimbulkan gejala fisik seperti sakit kepala, mual atau sesak napas. Pastikan Anda istirahat dengan cukup, banyak minum dan makan makanan bergizi.  Serta Anda harus mencari cara untuk mengikhlaskan masalah Anda atau setidaknya mencari aktivitas untuk mengalihkan pikiran Anda seperti berolahraga.

Saya lampirkan artikel mengenai Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba! Bila keluhan sesak napas sering terjadi sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)