Setiap kali posisi merunduk secara mendadak kepala terasa sakit

I Info Penanya: I, Pria, 31 Tahun
Setiap kali posisi saya merunduk(seperti posisi ruku' pada sholat)secara mendadak kepala kiri bagian belakang saya sakit,pertanyaan saya kenapa bisa begitu dan dikarenakan faktor apa?terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang I,

Keluhan sakit kepala belakang saat perubahan posisi kepala yang mendadak dapat disebabkan oleh beberapa pencetus seperti:

  • Otot leher yang tegang
  • Adanya gangguan pada sinus karena perubahan posisi kepala
  • Mengalami darah rendah
  • Gangguan keseimbangan 
  • Menderita anemia
  • Mengalami sakit kepala karena adanya gangguan aliran darah ke kepala
  • Gangguan pada tulang belakang

Untuk itu apabila sakit kepala timbul karena perubahan posisi yang cepat upayakan untuk tidak terburu-buru saat melakukan perubahan posisi tubuh saat sholat seperti saat ruku atau sujud. Perhatikan juga pola hidup sehari-hari seperti makan dengan teratur, cukup beristirahat, minum air putih lebih banyak, batasi konsumsi kafein, hindari merokok dan minum-minuman beralkohol, dan perhatikan gejala lain yang timbul seperti intensitas sakit kepala, karakter sakit kepala, ada tidaknya keluhan seperti nyeri wajah, hidung tersumbat, mual atau muntah agar membantu dokter mencari apa yang menjadi penyebabnya.

Periksakan diri pada dokter jika keluhan tidak membaik atau keluhan bertambah berat, segera periksakan diri. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.