Setiap hari selalu mengalami mood swing, apakah termasuk gejala bipolar ?

AT Info Penanya: AT
Sy wanita berinisal at dan berusia 17 tahun.Saya setiap hari selalu mengalami pergantian mood yang menurut saya cukup parah. Saya ketika happy, itu tuh happy banget. Tapi, jika saya sedang sedih, saya sedih banget kadang sampe nangis. Saya juga suka tertutup. Apakah gejala saya termasuk bipolar? Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AT.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bipolar merupakan keadaan gangguan kesehatan jiwa yang mengakibatkan perubahan suasana perasaan dan naik turunnya energi yang dapat bersifat mendadak dan ekstrem. Terdiri dari dua jenis perasaan yang bertolak belakang yaitu, rasa senang yang berlebihan (mania atau hipomania) dan rasa sedih yang berlebihan (depresi).

Gangguan bipolar ini merupakan kondisi yang serius dan apabila tidak ditangani dengan baik maka dapat mengganggu kehidupan sehari-hari baik aspek sosial maupun aspek hidup lainnya.

Berikut beberapa poin penting yang perlu diketahui tentang gangguan bipolar :
  • Penderita bipolar mengalami perubahan suasana perasaan yang tidak normal
  • Gangguan yang dialami meliputi fase mania atau hipomani dan fase depresi yang dapat menyebabkan pemutusan terhadap realita atau psikosis
  • Fase yang terjadi dapat berlangsung selama beberapa minggu atau bulan, dengan periode yang stabil, bergantian antar fase senang dan fase sedih setelah masing-masing fase 
  • Penderita sangat jarang merasakan susana perasaan yang normal

Untuk dapat mendiagnosis gangguan bipolar ini, harus ditemukan kejadian mania atau hypomania dan depresi yang memilki kriteria tersendiri sesuai dengan ketentuan diagnosis kesehatan jiwa.

Mengenai keluhan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan lebih lanjut terkait pergantian mood Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter Spesialis Kesehatan Jiwa untuk memastikan diagnosis dan kepada Psikolog untuk mendapatkan psikoterapi. Jika Anda merasa sungkan, mintalah bantuan orang yang dapat Anda percaya untuk mengantar Anda berkonsultasi. 

Sebaiknya Anda juga menceritakan masalah yang Anda hadapi kepada orang terdekat atau mengikuti komunitas yang terdiri dari individu-individu yang mengalami permasalahan yang serupa agar dapat berdiskusi dan saling mendukung satu sama lain. Karena kondisi ini cukup banyak dialami dan Anda tidaklah sendiri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala anoreksia yang paling mudah dikenali adalah porsi makan yang sangat sedikit

Kenali Gejala Anoreksia, Si Penyakit Jiwa yang Mematikan

Gejala anoreksia bukan hanya kurus kering. Terdapat beragam indikasi yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari enggan makan, kepercayaan diri yang rendah, rasa takut gemuk yang ekstrem, dan banyak lagi.