14 Jan 2021, 14:12Perut

Apa akibat terlalu kuat mengedan saat buang air besar ?

ST
Info Penanya: ST, Wanita, 27 Tahun
Dokter Selamat siang mau tanya setiap hari sering mengejan terlalu kuat buang air besar bisa mengakibatkan apa Dokter ?? Dokter tolong ksh saran, Thanks Dokter
195 Views
6 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Tubuh manusia merupakan suatu proses metabolisme yang begitu banyak, dan begitu kompleks. Setiap hari tubuh tidak pernah berhenti untuk memompa darah, mengedarkan oksigen, mencerna makanan, memproses saluran perkemihan. Semuanya berkerja saling berkesinambungan agar tubuh tetap sehat dan dapat beraktifitas dengan normal.

Apa akibat terlalu kuat mengedan saat buang air besar ?

Jika salah satu organ tubuh manusia mengalami gangguan, misalnya pada organ saluran pencernaan, maka fungsi tubuh akan terganggu. Proses pencernaan mulai dari makanan masuk ke mulut dimana mulut akan mengeluarkan air liur untuk membantu proses memotong, dan melumat makanan agar menjadi lebih kecll yang akan masuk ke lambung melalui kerongkongan atau esofagus. Di lambung makanan akan bertemu asam yang berfungsi untuk mengancurkan semua bakteri, virus, kuman yang ikut terbawa oleh makanan agar tidak menyebabkan tubuh menjadi infeksi. Makanan ini juga akan dicerna oleh enzim yang dihasilkan hati dan batu empedu, masuk ke usus halus. Usus halus akan menyerap nutrisi penting dan menyisakan sisa-sisa makanan berupa feses yang akan dibawa ke usus besar hingga anus.Jika sisa makanan sudah penuh dan menumpuk di ujung usus atau rectum, maka tubuh akan memebrikan tanda bahwa seseorang akan buang air besar.  Sisa makanan yang kurang serat, atau kurang minum, membuat feses menjadi keras, terlebih terdapat sumbatan di anus berupa wasir. Kerusakan atau kontraksi otot anus yang tidak baik, bisa karena akibat fistula, atau tumor, riwayat anal seks membuat seseorang susah mengedan, dan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah disekitar anus menimbulkan BAB berdarah dan rasa perih.Untuk itu, usahakan selalu minum yang cukup setiap hari, memperbanyak makan buah dan sayuran, megurangi makanan yang sulit dicerna seperti daging. Jangan terlalu lama duduk. Usahakan pilih toilet jongkok. Jika Anda masih terus susah BAB, dan harus selalu mengedan dengan kuat, diikuti BAB berdarah yang semakin banyak, wasir yang tidak dapat masuk kembali, rasa lemas, maka segera kontrol ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
makanan sehatgangguan pencernaanwasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil