Setiap bulan menstruasi mundur 4 hari/5 hari

LD Info Penanya: LD, Wanita
Dok saya setiap bulan mens nya tidak pernah maju tpi sering mundur kdang mundur 4 hari/5 hari. Tapi setiap bulan saya rutin haid dok. Dan darah yang keluar juga tidak terlalu sedikit. Bisakah hamil dok jika men nya trus mundur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore LD,

Siklus menstruasi normalnya berlangsung antara 21-35 hari sekali dengan durasi perdarahan menstruasi sekitar 3-7 hari. Jika siklus lebih dari 31 hari dapat membuat seolah menstruasi selalu mundur padahal siklusnya teratur. Untuk itu ada baiknya membuat catatan berapa siklus menstruasi Anda dan menilai apakah setiap bulan siklusnya semakin terlambat atau tidak. Kondisi siklus yang tidak teratur, mundur atau terlambat sendiri bisa dipicu beragam faktor seperti:

  • Adanya gangguan pada saluran reproduksi
  • Masalah psikis seperti stres
  • Aktivitas fisik yang terlalu berat
  • Kondisi medis lain seperti gangguan tiroid
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Gangguan hormonal
  • Perubahan berat badan yang drastis

Untuk bisa hamil sendiri tentu saja bisa jika tidak ada gangguan kesuburan yang berarti. Untuk itu ada baiknya menerapkan pola hidup sehat dengan cukup beristirahat, cukup tidur, makan-makanan bernutrisi, menjaga pola makan, kelola stres dengan baik, menjaga berat badan ideal, olahraga teratur, menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim serta juga memeriksakan kesehatan secara berkala. Jika siklus menstruasi masih tetap mundur, periksakan diri pada dokter ahli kandungan dan kebidanan agar dipastikan apa yang menjadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Tanda-tanda menstruasi atau PMS terjadi sekitar lima hari hingga dua minggu sebelum haid datang. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, ini tanda menstruasi yang perlu diketahui.