Setiap ada masalah selalu ingin menyakiti diri sendiri, bagaimana cara mengatasinya?

BK Info Penanya: BK, Wanita, 18 Tahun
selamat pagi, dok. saya ingin bertanya, kenapa setiap ada masalah saya selalu ingin menyakiti diri sendiri? entah mengambil garpu tajam, atau semacamnya lalu menggoreskan benda tersebut ke tangan? i just feel numbness while i do that... ada masukan supaya kebiasaan ini berhenti? thankyou before!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BK

Keinginan menyakiti diri sendiri adalah manifestasi paling berat dari gejala stres dan depresi. Anda perlu mencari pertolongan tenaga professional bisa dalam bentuk konseling, terapi atau menggunakan obat psikotropika. Bicarakan dengan keluarga anda, agar anda mendapat dukungan untuk mencari pertolongan agar dapat sembuh. Stres adalah reaksi yang timbul dari tubuh anda, yang menghasilkan zat kimia yang mempengaruhi emosi, fisik dan perilaku anda.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi gejala stres anda seperti mengunyah permen karet untuk mengurangi kecemasan dan stres. Serta membantu anda merasa rileks. Kemudian anda bisa mencoba melakukan aktivitas diluar disertai berolahraga. Karena pada saat anda berkeringat, tubuh akan merasa lebih baik.

Ubah perilaku anda dengan lebih banyak tersenyum karena respon senyum dapat mengurangi respon tubuh yang lain terhadap stres. Mendengarkan lagu serta melakukan latihan napas juga dapat meningkatkan mood yang sedang turun. Jangan lupa untuk menyayangi diri sendiri, kadang membuat jurnal / buku harian juga dapat membantu mengurangi stres atau anda juga bisa menceritakan kepada orang lain agar beban anda berkurang.

3 Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang terbiasa bangun pagi, cenderung lebih sehat secara fisik, maupun mental.

Rajin Bangun Pagi Dapat Mengurangi Resiko Depresi? Ini Penjelasannya!

Bagi Anda yang rajin bangun pagi, berbahagialah. Berdasarkan penelitian, manfaat bangun pagi bisa Anda dapatkan baik secara fisik maupun mental. Dengan bangun lebih awal, risiko Anda untuk terkena depresi dapat berkurang.