Setelah tindakan kuret, dianjurkan imunisasi. Kapan sebaiknya dilakukan imunisasi?

GK Info Penanya: GK
Siang dokSaya mau tanyaTanggal 5 oktober kemaren saya baru saja melakukan aborsi,karna tuntutan pekerjaan yg tidak membolehkan saya hamil terlebih dahulu, 2minggu lagi saya suruh balik lagi kesana untuk pemerikasaan ulang dan imunisasi,Yg saya tau kan imunisasi harus dilakukan sebanyak 3x Di satu bulan pertama,3 bulan kedua dan 6 bulan ketiga..Nah yg mau saya tanyakan itu,imunisasi yg pertaman itu dilakukan seletah 2 minggu melakukan aborsi atau 1 bulan setelah melakukan aborsi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, GKP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setelah tindakan, imunisasi apa yang perlu dilakukan? Karena tidak ada imunisasi yang wajib dilakukan setelah tindakan tersebut. Larangan untuk vaksin bila Anda berencana hamil kembali hanya pada vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella). Karena rubella bisa mengakibatkan gangguan pada janin nantinya. Sehingga dianjurkan minimal 1 bulan setelah vaksinasi baru hamil. Bila sudah terlanjur hamil maka sebaiknya menunggu setelah bayinya lahir. 

Vaksin lain seperti untuk flu atau batuk rejan bisa dilakukan saat sedang hamil. Dan semua vaksin boleh dilakukan segera setelah melahirkan walaupun ibu memberi ASI ekslusif. Untuk lebih jelasnya diskusikan langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan, apakah bisa dan memerlukan diberi vaksin.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mimpi buruk saat hamil dapat menggambarkan ketakutan yang dimiliki ibu terhadap kehamilannya

Sebenarnya Apa yang Menyebabkan Mimpi Buruk saat Hamil?

Mimpi buruk adalah kondisi yang sering terjadi pada saat hamil. Mimpi buruk saat hamil sering dijumpai terutama menjelang masa persalinan. Kondisi stres dan gangguan tidur menjadi penyebab mimpi buruk.