Setelah tidur siang mengapa kepala terasa sakit?

CC Info Penanya: CC, Pria, 2019 Tahun
Dok saya koq sering sakit kepala klo habis tidur siang / klo habis bepergian kepanasan kira" kenapa yah hampir dipastikan klo habis tidur siang/bepergian kepanasan pasti kepala terasa sakit senut senut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, CC

Terima kasih atas pertanyaannya.

Beberapa penyebab sakit kepala setelah tidur siang biasanya terkait kualitas tidur Anda. Apakah Anda mengorok? Karena gangguan pernapasan akan menganggu tidur ada serta meningkatkan resiko sakit kepala setelah bangun tidur. Mengorok juga tanda dari gangguan obstructive sleep apnea dengan gejala lainnya adalah berhenti bernapas sesaat saat tidur, sering bangun di tengah malam, keringat di malam hari serta mengantuk di siang hari.

Bruxism (menggeretakkan gigi) bila Anda sering melakukan ini tanpa disadari saat tidur. Anda bisa mengalami nyeri kepala saat bangun. Karena otot rahang menjadi kaku dan timbul sakit kepala saat bangun tidur. Pada wanita bisa akibat kehamilan yang timbul karena kadar gula darah rendah, hormon atau dehidrasi. Kurangi kopi karena mengakibatkan dehidrasi.

Kualitas tidur Anda, dari posisi kepala dan leher tidak nyaman akibat bantal yang tidak sesuai. Akibatnya otot menjadi kaku dan tegang akhirnya mengakibatkan sakit kepala. Jika Anda tidur siang karena sulit tidur di malam hari tentu saja akan mengakibatkan sakit kepala karena kurangnya jam tidur berkualitas. Terlalu banyak tidur siang juga mengakibatkan sakit kepala.

Cara mengatasinya kurangi kopi, olahraga teratur, batasi tidur siang, latihan relaksasi sebelum tidur dan tidur malam yang teratur. Saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi pusing tanpa obat untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.