Setelah suntik KB 3 bulan belum juga mens

P Info Penanya: P
Selamat pagi dok.. Sya mau bertanya, dbulan nov masa berakhir KB 3bln saya... Dan d bulan januari sya hanya keluar flek dan itupun hanya sedikit, seperti garis" saja tdk byk.. Tapi sampai skrg,bulan feb ini sya blm juga mens. Sudah testpack dan hasilnya 2x negatif. Apa ini tdk masalah dok.. Atw memang siklus mens yg sdg tidak baik saja d saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi,P

KB hormonal baik itu suntik atau pil dapat menyebabkan efek samping seperti haid tidak teratur.

Biasanya ketika Anda melepas KB tersebut, butuh waktu beberapa bulan hingga 1 tahun untuk menormalkan kembali siklus Anda.

Kemungkinan terlambat haid yang Anda alami bisa karena masa berakhir Kb Anda.

Namun, penyebab lainnya dapat berupa:

  • Kehamilan
  • Efek samping obat
  • Berat badan menurun drastis
  • Obesitas
  • Aktivitas berat
  • Stress berat
  • Gangguan hormone: misalnya adanya gangguan pada hormone tiroid
  • PCOS (Sindrom ovarium polikistik): yaitu kondisi dimana sel telur pada wanita tidak berkembang karena ketidakseimbangan hormon

Apabila Anda  sudah testpack namun hasilnya negative akan tetapi  Anda tidak segera menstruasi juga, segeralah ke dokter kandungan ya.

Tips untuk Anda:

  • Istirahat cukup
  • Batasi makanan bergula tinggi
  • Lakukan pola hidup sehat: hindari makanan cepat saji
  • Jaga berat badan ideal
  • Kelola stress Anda
  • Jangan beraktivitas terlalu berat
  • Hindari kelelahan berlebih
  • Olahraga teratur. Minimal 3 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit

Semoga membantu

Salam sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jarak kehamilan yang berdekatan dalam lingkaran pertemanan membuat orang menganggap hamil itu menular

Mitos Hamil Menular, Benarkah Demikian?

Rupanya, kehamilan bisa menular antara satu perempuan dan lainnya dalam satu lingkaran pertemanan bukanlah sekadar mitos hamil. Namun, kehamilan menular ini tentu saja tidak dapat dikaitkan dengan aspek medisnya.