23 Sep 2021, 11:14Kandungan

Setelah suntik KB 3 bulan lalu berhubungan, apakah bisa hamil ?

IS
Info Penanya: IS, Wanita, 24 Tahun
siang dok,,sy ada keluhan sedkit .kemarin sy ikut KB suntik yg 3bulan..baru pertama kali,misalnya sy suntiknya hari ini...bsok mlmnya berhubungan sama suami spermanya d masukin,, apakah itu hamil ya dok...Maaf?
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, R.Suntik KB salah satu alat kontrasepsi efektif yang dapat mencegah kehamilan. Suntik KB efektif jika dilakukan dengan cara yang tepat. Suntik KB terdiri dari 2 jenis dimana suntik dilakukan setiap 1 bulan atau 3 bulan sekali sesuai jenisnya.

Apakah setelah suntik KB 3 bulan lalu berhubungan, bisa hamil ?

Anda yang baru pertama kali suntik KB 3 bulan lalu keesokkan harinya berhubungan bersama suami dengan ejakulasi sperma di dalam vagina, dapat menyebabkan Anda hamil. Suntik KB 3 bulan yang Anda lakukan akan efektif setidaknya sekitar 7 hari pasca suntik KB pertama kali.Jadi jika setelah Anda berhubungan bersama suami mengalami telat haid, maka lalukan test pack. Anda dapat melakukan test pack hingga 2 sampai 3 kali jika hasil masih negatif atau samar. Jika seluruh hasil pemeriksaan test pack negatif, maka Anda tidak hamil.Jangan lupa untuk melakukan suntik KB ulang di waktu yang tepat, tidak telat dan tidak lupa suntik KB agar kehamilan dapat dicegah. Konsultasi ke dokter kandungan jika Anda memiliki berbagai efek samping setelah suntik KB atau memang tidak kunjung haid.Semoga bermanfaat.Salam seehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilankontrasepsicara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil