Apakah KB suntik menyebabkan gatal-gatal?

RW Info Penanya: RW
Mlm dok saya mau tanya sblmny kn saya suntik kb 3 bln stelah itu saya berhenti 1 bulan karna saya ingin haid,, setelah itu saya pun datang haid dalam 1bln itu saya ingin suntik ulang kb 3 bln stelah itu saya pun suntik kb 3 bln dan tiba2 badan saya pada gatel" dok..apa itu pengaruh kb apa bukan ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik merupakan salah satu jenis KB yang mengandung hormon progesteron di dalamnya. Cara kerja KB ini adalah dengan menghambat pelepasan sel telur dari ovarium dan membuat tebali dinding rahim sehingga sperma tidak dapat masuk. KB suntik ada dua jenis yaitu KB suntik satu bulan da  KB suntik yang tiga bulan.

Walaupun begitu, KB suntik memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihan dar KB suntik itu sendiri yaitu dapat bertahan 8-13 minggu, tidak perlu menghitung masa ovulasi, aman untuk ibu menyusui, mengurangi nyeri saat haid, tidak perlu untuk minum pil tiap hari. Sedangkan kekurangan dari KB suntik itu sendiri yaitu haid menjadi tidak teratur, berat badan naik, mengalami sakit kepala, mood yang berubah-ubah, kepadatan tulang menjadi berkurang, dan membutuhkan waktu hingga setahun jika ingin hamil lagi.

Meskipun KB suntik jarang menyebabkan alergi, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa bisa terjadi alergi terhadap KB suntik. Kondisi yang anda alami ini kemungkinan karena alergi terhadap kandungan dari KB suntik, sehingga menyebabkan gatal-gatal di kulit Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi obat antihistamin, menggunakan bedak salicyl, dan mengompres dengan air hangat di bagian yang gatal. Lalu, konsultasikan ke dokter kandungan mengenai kondisi Anda ini agar KB suntik dapat diganti dengan jenis KB lain yang tidak menimbulkan alergi.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit yang gatal dan berbentol variasi merupakan salah satu tanda alergi dingin dan alergi udara.

Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Alergi dingin adalah kondisi terjadi akibat reaksi kulit terhadap udara dingin. Kulit terasa gatal dan timbul bentol-bentol merupakan salah satu tanda alergi dingin.