15 Dec 2020, 16:13Kandungan

Keluar darah setelah berhubungan badan

MF
Info Penanya: MF0
Selamat sore dok.saya mau bertanya setelah istri saya suci dari nipas,setelah 50 hari sampe 63 hari kami sudah beberapa kali berhubungan badan namun paginya istri saya merasa mual tapi siangnya keluar darah.apa itu pertanda bahaya dok?
452 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, MF.Keluarnya darah setelah berhubungan badan disebut sebagai post coital bleeding. Hal ini dapat merupakan kondisi yang normal maupun abnormal. Post coital bleeding dapat terjadi karena berbagai penyebab, mulai dari yang tidak berbahaya hingga cukup serius. Beberapa penyebab post coital bleeding adalah:
  • hubungan intim dilakukan tepat pada saat hari pertama menstruasi
  • adanya luka atau lecet pada dinding vagina
  • robekan selaput dara (pada orang yang pertama kali berhubungan intim)
  • polip serviks
  • kanker serviks
  • infeksi menular seksual
Mengenai kondisi istri Anda, biasanya masa nifas akan berlangsung 6 minggu, atau sekitar 48 hari. Jadi, kemungkinan besar darah yang keluar pada hari ke-50 hingga 63 bukanlah darah nifas. Dikhawatirkan ada satu atau lebih dari penyebab-penyebab di atas apabila perdarahan selalu terjadi setiap kali berhubungan. Apabila demikian, hindari dulu berhubungan intim untuk sementara waktu. Untuk itu, ada baiknya Anda mengajak istri berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan, guna dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Beberapa pemeriksaan yang mungkin dilakukan misalnya inspekulo, laboratorium, ataupun USG. Hasil pemeriksaan akan dievaluasi agar diketahui penyebab yang sesuai, kemudian diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
pendarahan saat sekspolip rahimpenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil