Setelah selesai haid kemudian keluar lendir apakah normal?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 36 Tahun
Dokter... Setiap setelah haid tepat nya 4 hari setelah selesai haid ari-ari saya terasa nyeri kemudian ada lendir yg keluar. Tapi setelah 1 minggu berlangsung kembali seperti biasanya. Apakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Adanya lendir yang keluar setelah haid dapat merupakan keputihan dimana keputihan merupakan mekanisme tubuh pada wanita untuk membersihkan sisa-sisa jaringan dan sel mati yang ada di rahim. Jika keluar tidak berlebihan dan tidak disertai adanya perubahan warna, konsistensi, dan gejala lain seperti aroma khas dari cairan tersebut, maka bisa merupakan keputihan normal.

Selain itu keluarnya lendir serviks juga bisa menjadi penanda masa subur seorang wanita ditandai dengan lendir yang menjadi lebih banyak dan lendir bening tanpa bau. Masa subur sendiri penting untuk diketahui agar bisa segera hamil jika sudah menikah nanti. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.