Setelah selesai haid kemudian keluar lendir apakah normal?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 36 Tahun
Dokter... Setiap setelah haid tepat nya 4 hari setelah selesai haid ari-ari saya terasa nyeri kemudian ada lendir yg keluar. Tapi setelah 1 minggu berlangsung kembali seperti biasanya. Apakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Adanya lendir yang keluar setelah haid dapat merupakan keputihan dimana keputihan merupakan mekanisme tubuh pada wanita untuk membersihkan sisa-sisa jaringan dan sel mati yang ada di rahim. Jika keluar tidak berlebihan dan tidak disertai adanya perubahan warna, konsistensi, dan gejala lain seperti aroma khas dari cairan tersebut, maka bisa merupakan keputihan normal.

Selain itu keluarnya lendir serviks juga bisa menjadi penanda masa subur seorang wanita ditandai dengan lendir yang menjadi lebih banyak dan lendir bening tanpa bau. Masa subur sendiri penting untuk diketahui agar bisa segera hamil jika sudah menikah nanti. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek menopause umumnya akan memengaruhi suasana hati kaum hawa yang mengalaminya

Ternyata Ada Efek Menopause yang Berdampak Positif Bagi Perempuan

Memasuki usia menopause membawa peningkatan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Tapi ternyata ada juga efek menopause yang membawa dampak positif bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari kaum hawa.