logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Kandungan

Setelah pasang KB implan berhubungan apakah bisa hamil?

21 Jul 2023, 22:26

P

Info Penanya: P

Dok mau tanya kalo setelah pasang implan dan suami saya malamnya mengajak untuk berhubungan intim tetapi memakai kondom apa bisa hamil dok? Terus berhubungan lagi tetapi tidak memakai kondom dan dikeluarkan diluar apa bisa hamil juga dok?

Dilihat 58

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Liliani Tjikoe

Selamat Siang P
 
Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ
 
Penggunan kontrasepsi implan adalah salah satu jenis kontrasepsi yang digunakan dengan cara memasukan komponen implan yang didalamnya berisi zat hormonal. Masa efektif penggunaan implan dapat bervariasi ada yang dua tahun hingga tiga tahun lamanya, bergantung dari jenis dan merk KB implan yang digunakan. Jika anda dan pasangan berhubungan setelah menggunakan KB implan, dengan menggunakan kondom atau senggama terputus, maka hal tersebut dapat mencegah kehamilan ya. Tindakan yang anda lakukan sudah benar, dan nanti bisa menunggu hingga 7 hari setelah pemasangan KB implan, agar efek hormonal dari alat KB tersebut sudah bekerja dengan baik sehingga nanti suami anda tidak perlu lagi menggunakan kondom saat berhubungan.
 
Ada beberapa efek samping dari penggunaan KB implan yang dapat terjadi seperti mual, muntah, nyeri pada lengan tempat pemasangan implan, sakit kepala, perubahan mood, hingga jantung berdebar dan kenaikan tensi darah. Jika terjadi hal tersebut maka sebaiknya bisa berkonsultasi ke Dokter kandungan ya guna diperiksa lebih lanjut.
 
Saat ini untuk menghindari efek samping di area lengan setelah pemasangan, anda tidak disarankan mengangkat beban berat atau berakvitias berat di lengan tempat dipasang implan, konsumsi obat anti nyeri dan obat lain yang diberikan oleh dokter, kompres hangat bagian lengan jika terdapat bengkak dan istirahat yang cukup ya.
 
Anda juga dapat melihat beberapa forum yang terkait dengan kata kunci dibawah ini KB implan  :
  • KB implan
  • Efek samping KB implan
Semoga bermanfaat
Salam sehat
 
dr. Liliani
kehamilanpenggunaan kb

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved