Setelah operasi usus buntu badan tidak gemuk?

DM Info Penanya: DM, Wanita, 15 Tahun
Mo nyk dok kenapa ya habes operasi usus buntu badan saya kami kurus aja?gak gemuk padhl uda makan bnyk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DM

Sebetulnya usus buntu tidak ada kaitan dengan berat badan. Karena usus buntu bukan suatu kondisi kronis sampai dengan menurunkan berat badan. Berbeda dengan infeksi TBC (tuberkulosa) atau kanker. Faktor yang mempengaruhi berat badan misalnya keturunan atau gangguan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh dipengaruhi hormon seperti tiroid dan insulin. Oleh karena itu penderita hipertiroid dan diabetes seringkali kurus. Atau ada kelainan kronis seperti penyakit jantung bawaan.

Cara menambah berat adalah dengan menjaga kalori masuk dari makanan lebih besar dari kalori keluar. Paling mudah dengan menambah karbohidrat seperti nasi, kentang dan lainnya. Makan 3x sehari atau bila tidak kuat, makan dengan porsi kecil tapi lebih sering. Jangan lupa lauk pauk sebagai sumber protein dan lemak. Jangan lupa olahraga yang teratur agar berat badan yang tercapai ideal. Saya lampirkan artikel mengenai 15 Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Lezat untuk referensi Anda. Bila belum berhasil sebaiknya konsultasi dengan Dokter terutama Dokter Spesialis Gizi Klinik.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di samping rasanya, manfaat buah srikaya untuk kesehatan juga banyak

Di Balik Manisnya Buah Srikaya, Ada Manfaat untuk Kesehatan

Buah srikaya terkenal akan daging buahnya yang legit dan manis. Selain itu, manfaat buah ini untuk kesehatan juga tak kalah banyaknya.